Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya Lengkap


Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan FungsinyaPenggunan komputer pada saat ini meningkat pesat, hampir semua bidang menggunakan komputer sebagai alat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas seseorang. Komputer dibutuhkan manusia karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan dan hal ini yang menyebabkan komputer sangat dibutuhkan dan kita perlu untuk bisa mengoprasikan komputer.

Komputer adalah mesin elektronik yang terdiri beberapa komponen yang saling bekerja sama yang digunakan untuk mengolah data secara prosedur dan berdasarkan rumus yang telah ditentukan. Fungsi utama komputer adalah membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Selain itu komputer juga digunakan untuk mendia komunikasi seperti chatting.

Seiring perkembangannya komputer semakin lama semakin kecil dan semakin canggih. Saat ini peranan komputer banyak digantikan oleh komputer portable atau lebih dikenal dengan laptop atau nootebook. Komputer portable adalah salah satu jenis komputer yang ditinjau dari fungsinya, dan untuk membahas jenis - jenis komputer yang di dasarkan pada fungsinya pada kesempatan ini akan saya bagikan materi tentang jenis-jenis komputer berdasarkan fungsinya yang akan dijelaskan secara lengkap. 

Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya


Komputer mempunyai fungsi utama sebagai alat untuk membantu manusia untuk mengolah data. Berdasarkan fungsinya komputer dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1. Personal Computer (PC) / Komputer Pribadi
2. Workstation Computer / Komputer Kantoran
3. Computer Portable (Laptop / Netbook)

Untuk lebih mengenal dan mengetahui lebih jelas tantang ketiga jenis komputer diatas maka pada kesempatan ini saya akan jelaskan lebih detail mengenai ketiga komputer tersebut.


1. Personal Computer (PC) / Komputer Pribadi


Personal komputer (PC) atau lebih dikenal dengan komputer pribadi adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja. Komputer jenis ini merupakan komputer personal yang bisanya berada dilingkungan kamar, toko atau tempat lainnya.

Personal computer

Fungsi personal komputer (PC) sama dengan komputer umumnya, yang menjadi khas dari peronal komputer adalah digunakan secara pribadi. Biasanya personal komputer digunakan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas atau untuk hiburan seperti gamming.


2. Workstation Computer / Komputer Kantoran


Workstation computer adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Komputer jenis ini adalah komputer public dan biasanya berada pada suatu ruanga kerja atau suatu perkantoran. Workstation computer mempunyai ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan digunakan secara bersama-sama.

Workstation computer

Jaringan yang ada pada komputer digunakan untuk sharing data, sharing printer, mengirim data dan sebagainya. Jika terjadi kerusakan pada komputer workstation maka komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.


3. Computer Portable (Laptop / Netbook)


Portabel komputer adalah komputer yang mempunyai ukuran kecil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih canggih dan pawerfull. Teknologi pada komputer portable adalah pemadatan komponent - komponen komputer sehingga berukuran sangat kecil. Adapun yang termasuk dalam jenis komputer portable adalah laptop, notebook dan hanheld computer.

Laptop

Laptop atau nootebook dikenal juga dengan komputer jinjing, unturannya cukup kecil dan muat untuk dimasukkan dalam tas. Sumber daya pada laptop atau nootebok berasal dari battery yang dapat dicash ketika sumber daya didalam bateray muali habis. Laptop atau nootebook dapat  dihubungkan dengan modem sehingga dapat mengakses LAN atau Internet.


Handheld computer
Handheld computer adalah komputer yang berukuran sangat kecil sehingga bisa digenggam. Hendled computer ini didesain untuk dapat diintegrasikan dengan sistem desktop, sehingga perangkat ini dapat dengan mudah mengambil data dan dapat berkomunikasi lewat sambungan telpon.

Demikialah ulasan tentang jenis komputer yang didasarkan pada fungsinya, semoga ulasan pada artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami jenis-jenis komputer berdasarkan fungsinya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis - Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya Lengkap"

Post a Comment