Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)

Aplikasi Pengingat Bateray Laptop Lemah (Low) atau Penuh (Full) - Penggunaan laptop dalam waktu yang lama tentunya membutuhkan daya listrik yang cukup banyak. Laptop sendiri mempunyai sumber daya yang berasal dari baterai, nah baterai ini membutuhkan pengisian ketika sudah habis. Terkadang laptop sampai drop karena khabisan daya pada baterai, padahal hal demikian bisa membuat laptop cepat rusak. Hal sebaliknya juga terjadi ketikan baterai terus  menerus dicas padahal baterai sudah penuh. Baterai yang penuh dan dicas terus menerus maka akan menyebabkan baterai overload atau kelebihan daya yang menyebabkan baterai cepat rusak atau drop.

Untuk mengatasi dua hal tersebut kita bisa menggunakan aplikasi pengingat baterai penuh atau lemah, dan juga bisa memasang alarm pada baterai yang akan memberikan peringantan ketikan baterai penuh atau lemah. Nah, pada kesempatan ini saya akan membagikan aplikasi yang dapat mengingatkan kita ketika baterai laptop lemah atau full, dan juga saya akan bagikan bagaimana cara memasang alamr pada baterai sehingga dapat memberikan pesan ketikan baterai lemah atau full.


Aplikasi pengingat baterai lemah atau penuh


Aplikasi yang bisa digunakan untuk memberikan pesan / notofikasi ketika baterai lemah atau sudah penuh adalah battery alamBaterai Alarm adalah program Windows yang akan memantau baterai Anda dan mengingatkan Anda ketika Anda mendapatkan daya yang rendah atau full. Aplikasi ini gratis dan bisa di install dan semua pengaturan dapat disesuaikan sehingga akan memberitahu Anda bila Anda inginkan dan seberapa sering Anda ingin notifed.

Untuk menginstal apliasi ini Anda bisa men-download file zip dan ekstrak. Selanjutnya jalankan, file setup.exe maka program akan terinstall di windows Anda. 


Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)

Link Download : Aplikasi Battery Alarm

Dengan menggunakan aplikasi battery alarm diatas Anda akan diberikan noftifikasi penggunan baterai laptop Anda selama penggunaan laptop. Nah selain mengintall aplikasi pengingat baterai kita juga bisa memasang alarm yang ada pada latop sehingga bisa berikan suara peringatan ketika baterai penuh atau lowbet, dan untuk caranya silahkan simak penjelsan dibawah ini.

Cara Memberi Suara Atau Alarm Baterai Lemah


Jika pada cara sebelumnya kita menggunakan aplikasi untuk memberikan pesan / notifikasi ketika baterai kehabisan daya atau sudah penuh, nah kita juga bisa memberikan suara alarm yang akan memberikan pesan suara ketika baterai laptop yang digunakan habis atau full. Berikut ini adalah cara untuk memberikan pesan peringatan (notifikasi) ketika baterai laptop lemah atau sudah dalam keadan penuh.

1. Klik kanan pada icon sounds - pilih menu sounds


Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)

2. Pada tab sounds pilih Windows Default dan selanjunta pilih Low Battery Alarm - Klik Browse untuk memilih nada alarm ( pada box sounds terdapat tulisan "none" yg berarti belum ada suara/alarm yg dipilih )


Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)

3. Cari dan pilih tempat  Suara atau nada alarm, bisa juga musik, kemudian klik open. 


Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)

4. Pada box sound terdapat "Windows Bateray Low" itu adalah nama file sound, jika anda ingin mencoba klik Test - jika nada sudah sesuai silahkan klik OK


Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)

5. Selesai

Melakukan perawatan baterai sangat penting agar baterai laptop umurnya panjanga dan tahan lama. Cara agar baterai laptop awet yaitu tetap menggunakan baterai tapi waktu pemasangan charger diatur dengan baik. Kerika menggunakan laptop, baterai tetap terpasang hanya saja ketika baterai telah mencapai titik kurang lebih 20% langsung tancapkan chargernya, dan ketika sudah 100% chargernya langsung di lepas. Hal ini dimaksudkan agar baterai tidak cepat lowbet.

Baca juga : Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama

Pada laptop biasanya ada keterangan atau alarm kalau baterainya mau habis tapi tidak ada keterangan kalau baterai sudah penuh, untuk itu bagi Anda yang sering terlena atau lupa melepas chargernya padahal sudah 100% sebaiknya memperhatikan betul daya yang ada pada baterai laptop.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi pengingat baterai laptop lemah (lowbet) atau penuh (full) dan juga cara untuk memberi alarm pada baterai laptop Anda.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Aplikasi Pengingat Baterai Laptop Lemah (Lowbet) atau Penuh (Full)"